oleh

Fakta Ratna Sarumpaet Selama Ditahan Karena Kasus Hoax

Net Liputan – Ada beberapa Fakta Ratna Sarumpaet terkait kasus hoax yang Ia buat beberapa waktu lalu, Dan tentunya fakta ini masih belum banyak diketahui oleh publik.

Fakta Ratna Sarumpaet Yang Belum Diketahui Publik

Aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap oleh pihak kepolisian di bandara Soekarno-Hatta, Jakarta,  saat hendak ingin terbang ke Chile. Saat ini Ratna Sarumpaet dijerat pasal 14 UU nomor 1 tahun 1946 tentang hukum pidana.

Dia juga dijadikan tersangka menurut pasal 28 ayat 2 UU ITE terkait dugaan menyebar kebencian yang bermuatan SARA.

Saat ini, Ratna sudah ditahan di rutan Mapolda Metro Jaya selama 20 hari ke depan. Berikut adalah 4 Fakta Ratna Sarumpaet selama dipenjara.

Mengajukan Tahanan Kota

Tim kuasa hukun beserta anak anak dari Ratna Sarumpaet sudah mengajukan surat permohonan tahanan kota. Hal ini dibenarkan oleh Insank Nasruddin selaku kuasa hukum dari Ratna Sarumpaet.

“iya benar, kita memang sudah mengajukan surat permohonan tahanan kota, tinggal menunggu hasilnya aja.” ujar Insank saat ditanya.

Insank mengatakan bahwa dirinya dan pihak keluarga Ratna akan menjadi jaminan terkait permohonannya sebagai tahanan kota. Salah satu alasan pengajuan tahanan kota adalah faktor usia Ratna yang sudah menginjak usia 70 tahun. Selain itu, Penahanan di rutan dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental Ratna.

“Kami sebagai kuasa hukum, akan menjamin bahwa ibu Ratna tidak akan melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, tidak akan mengulangi perbuatan yang serupa, dan juga kami menjamin akan memudahkan proses hukun terhadap ibu Ratna”, kata Insank.

Tidak Dijenguk Atiqah Hasiholan

atiqah hasiholan
Atiqah Hasiholan Putri Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet diketahui memiliki 4 orang anak, salah satu nya adalah seorang public figure yaitu Atiqah Hasiholan. Ketiga anak Ratna sudah menjenguk ibunya, terkecuali Atiqah yang sampai saat ini belum menjenguk ibunya.

Insank mengaku bahwa ia belum mendapat kabar dari Atiqah Hasiholan.

“Kalau Atiqah kami belum tau, belum ada kabarnya”, kata Insank di Polda Metro jaya.

Istri dari Rio Dewanto ini memang belum terlihat mengunjungi ibunya sejak Ratna ditahan oleh pihak yang berwajib.

Sel Tahanan Diperiksa

sel ratna sarumpaet diperiksa
Sel Ratna Sarumpaet Diperiksa

Polda Metro Jaya memeriksa sel tahanan Ratna Sarumpaet di rutan Polda Metro Jaya. Sebelumnya, ada kabar mengenai Ratna menulis di media sosial twitter, namun Kabid humas Polda Metro membantah mengenai hal itu. “Pemeriksaan ini memang rutin dilakukan oleh Polda Metro untuk mencegah hal yang tidak di inginkan”, katanya.

Direktur tahanan dan barang bukti Polda Metro Jaya juga mengaku bahwa ikut memeriksa sel Ratna. Dari Pemeriksaan ini tidak ditemukan adanya hal – hal yang mencurigakan dan semua aman – aman saja.

Makanan Ratna Ikut Diperiksa

makanan ratna sarumpaet
Makanan Ratna Sarumpaet Ikut Diperiksa

Demi menjaga kesehatan Ratna Sarumpaet, penyidik Polda Metro memberlakukan pemeriksaan terhadap makanan yang akan masuk dari luar untuk tersangka Ratna Sarumpaet.

Selama menjalanai masa tahanan, kondisi kesehatan aktivis berusia 70 tahun ini akan terus diperhatikan oleh pihak Polda Metro. Sejauh ini keadaaan Ratna Sarumpaet dalam keadaan baik dan tidak ada kendala sedikitpun.

“Jadi setiap adanya makanan dan obat yang di kirimkan pihak keluarga Ratna, akan diperiksa terlebih dahulu oleh Bidokkes, Dokter kita yang memeriksa. Tujuannya untuk mengetahui makanan dan obat tersebut sehat dan layak atau tidak”, ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya.

 

 

Komentar

News Feed