oleh

Mengenal Lebih Dekat Dengan Suku Boti Yang Jarang Terdengar

Netliputan.com – Masyarakat boti yang mendiami desa boti kecamatan kie yang terletak lebih kurang 40km. Dari kota Soe timor tengah selatan Suku boti ialah suku yang tertua dan berasal dari Nusa Tenggara Timur. Orang Boti mempunyai keturunan dari asli dan timor,atoni metu. Kegiatan suku  sangat sekali terlihat dan jarang di dengar,karena keberadaan mereka yang terpencil.

Dibaca Juga : ( Buah Merah Delima Bagi Kesehatan Dan Benda Gaib )

Bagian Suku Boti

Orang boti terbawa menjadi dua kubuh,boti dalam dan boti luar. Jika di lihat kedua kubuh ini memang berbeda.

  1. Boti bagi yang pedalaman tempat tinggal nya berpagar kayu. Sedangkan boti yang di luar itu menyebar luas di lokasi tidak tinggal di dalam.
  2. Orang boti tidak pernah menyepelekan adat istriadat. Mereka sangat menjunjung tinggi adat dan kebudayaanya,bagi yang melakukan kesalah pasti akan di adili dan bisa bisa di usir. Laki orang boti yang sudah menikah di larang lagi untuk memotong rambut supaya bisa di cepas menyerupai konde.

Agama

Keperyaan masyarakat boti menggunakan bahasa mereka sendiri dengan bahasa Dawan. Memang belum semua pahasi apa itu bahasa indonesia. Jadi masih sama sekali mereka pasif dalam berbicara.

Aturan Adat boti

Berbicara aturan berati berbicara kepercayaan dan di dalam boti kepercayaan itu Halaika. Kepercayaan halaika itu alam yang artinya jantung kehidupan orang boti. Sehingga segala macam aturan berkaitan erat dengan alam,aturan dalam pernikahan. Dimana seorang lelaki tidak akan bisa nikah jika belum bisa mandiri. Ketika nikah yang seperti di awal lelaki tersebut tidak boleh memotong rambut nya sampai kapan pun. Jika melanggar maka laki laki tersebut akan di usir karena tidak penganut kepercayaan halaika.

Keseharian Boti

Masyarakat boti itu sangat peduli terhadap sesama suku nya. Bisa kita lihat ketika boti mencuri sesuatu,mereka tidak akan menghakimi yang mencuri. Tetapi masyarakat akan di berikan benda yang sama ia curi. Hal ini mungkin masyarakat boti memiliki pemikiran jika pencuri pasti dalam keadaan kesulitan. Sehingga suku yang sama merupakan wajib untuk membantu.

Suku ini memiliki bahasa Dawan sebagai bahasa daerahnya. Walaupun begitu, kedekatannya dengan alam membuatnya sangat berbeda dengan suku-suku yang berada di nusa tenggara timur. Beberapa hal yang melekat dan telah menjadi kebiasaan di dalam orang Boti. Diantaranya mengajarkan kearifan dan hubungan yang harmonis antara orang Boti dengan alam.

 

Komentar

News Feed