oleh

Mobil Esemka Telah Lolos Uji Dan Siap Untuk Produksi

Net Liputan – Lama tak mendengar kabar Mobil Esemka, kini mobil tersebut sudah lolos uji dan siap untuk di produksi. Kementrian perhubungan memberikan lolos uji pada lima tipe mobil ini.

Adapun lima tipe mobil tersebut adalah :

  1. Tipe Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T.
  2. Tipe Niaga 1.0 (4×2) M/T.
  3. Tipe Digdaya 2.0 (4×2) M/T.
  4. Tipe Borneo 2.7D (4×2) M/T.
  5. Tipe Garuda 2.0 (4×4) MT.

Hasil ini menuaikan beberapa pendapat masyarakat, terutama pada komunitas mobil. Tentu ada senang dan juga ada rasa khawatir akan mobil ini.

Masyarakat optimis bahwa mobil esemka ini akan beredar laris di jalanan, akan tetapi semua juga tergantung pada pemerintah, seberapa support pemerintah terhadap mobil buat dalam negeri ini. Jika tidak, maka mobil ini akan bernasib sama dengan mobil timor.

“Indonesia harus mencontoh kepemerintahan China yang mendukung pembuatan mobil dalam negri, sehingga mobil mereka pun bisa menjadi pesaing dengan mobil pabrikan Jepang dan Korea”. Ujar Siswanto salah satu anggota komunitas mobil Indonesia.

Baca Juga : Cara Mencuci Mobil Dengan Baik Dan Benar

Mobil Esemka Diyakini Mampu Bersaing Di Pasaran

Mobil Esemka Lolos Uji
Mobil Esemka Siap Bersaing

Mobil Esemka yang telah lolos uji seharusnya dijadikan momentum bagi industri otomotif yang ada di Indonesia, untuk bangkit bersaing di pasaran Internasional.

Setelah mobil ini diproduksi, Pemerintah harus tetap mendukung jalannya produksi mobil ini, jangan hanya sebatas embel – embel menyuruh masyarakat untuk cinta terhadap produk lokal.

Salah satu target pesaing mobil ini adalah Malaysia. Malaysia sudah terbukti sukses dengan mobil buatannya sendiri yaitu Proton.

Indonesia seharusnya sebagai negara yang kaya akan segalanya dapat menyaingi produk lokal negara tetangga.

Pemerintah diharapkan akan terus mendukung program mobil esemka ini, sampai dengan tahap produksi masal sehinggal mampu bersaing dengan produk negara lainnya.

Esemka seharusnya sudah dapat bersaing dari beberapa tahun lalu, tetapi waktu itu memang sempat tenggelam tentang kabar mobil ini, dan baru baru ini, Balai Pengujian Layak Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) memberikan lolos uji pada mobil ini.

Tentu rakyat Indonesia akan sangat bangga apabila mobil ini berhasil menjadi pesaing International.

 

Komentar

News Feed